Pentingnya Mempelajari Finance dan Accounting Bagi Non-Finance Executive

Memahami Finance dan Accounting merupakan kunci dalam hal financial management bagi penggerak sebuah bisnis. Tentu kita semua sepakat bahwa keluar masuknya uang dan berapa banyaknya uang tambahan merupakan tolak ukur kesuksesan sebuah perusahaan. Dan untuk mencapai itu semua diharapkan para eksekutif di perusahaan memahami finance dan accounting, sekalipun mereka merupakan non- finance executive.

finance dan accounting

Mengapa para eksekutif dari kalangan non-finance ini benar-benar diharapkan mampu memahami finance dan accounting? Apakah landasan yang mendasari?

Dengan mempelajari finance dan accounting, sekalipun yang paling dasar atau fundamental. Para eksekutif dari kalangan non-finance ini dapat memahami secara global darimana sumber uang tersebut bisa diperoleh? Tidak hanya itu, tetapi para eksekutif ini mampu melakukan investasi dan pembiayaan perusahaan secara efisien. Pemahaman akan dasar finance dan accounting bagi para non-executive juga bertujuan untuk memaksimalkan nilai perusahaan pada pemegang saham.

Salah satu kompetensi yang diharapkan bagi seorang eksekutif atau level manajerial di sebuah perusahaan selain memiliki kepemimpinan yang baik adalah mampu membuat keputusan yang baik dan bijaksana. Dan salah satu dari
keputusan yang harus mereka buat adalah berhubungan dengan keuangan dan alur kas perusahaan.

Maka dari itu, pentingnya mempelajari ilmu finance dan accounting tidak hanya bagi eksekutif dari kalangan finance, tetapi juga eksekutif non-finance agar mereka dapat mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari dengan tujuan keberhasilan dalam bisnis.

Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scan the code